Minggu, 25 November 2018

Meganalisis PT. Aqua Danone

KELOMPOK 3 :


ANGGUN DWI HARYANI             : 10215803
ANITA KENDATU                          : 10215845
ATIKA MUTIARA                           : 11215117
DESSY CLAUDIA RASTIANTO    : 11215728

Strategi promosi yang dilakukan oleh PT. Danone pada produk Aqua adalah:
 
a. Melakukan aktivitas promosi below the line maupun above the line
b. Mengadakan program 1 untuk 10. Sebagai bentuk kepedulian aquamasyarakat untuk membantu daerah di Indonesia yang kekurangan airmaka Aqua membuat promosi dengan membeli Aqua 1 liter maka akanmembantu air bersih sejumlah 10 liter. Program ini dapat menunjukkankepada masyarakat bahwa Aqua peduli pada masyarakat khususnyamasyarakat Indonesia
c. Mengadakan event atau program berupa AQUA family, meningkatkanemosional dan pemeliharaan konsumen. Event ini cukup menarik karena dapat meningkatkan brand loyalty, karena di acara ini Aquatidak menjual produknya sehingga masyarakat tidak terpaksa untuk membeli produk Aqua. Event ini menjadi wadah bagi Aqua untuk mempersatukan keluarga yang telah mengkonsumsi produk Aqua. Ini juga merupakan cara Aqua mendekatkan diri kepada keluarga Indonesia - biar mereka lebih loyal dan merasakan benefit menjadi komunitas Keluarga Sehat Aqua.
d. Mengadakan event Danone Nations cup Indonesia. Acara ini adalahacara sepakbola yang disponsori oleh Aqua. Dalam acara ini akandiseleksi tim sepakbola dari Indonesia untuk mewakili Indonesia dalamtournament Danone Nations Cup di Perancis.
 
 
BENTUK-BENTUK STRATEGI PROMOSI AQUA
 
Strategi Promosi Aqua untuk mendekatkan diri pada keluarga Indonesia adalah:
a. Above the line
1) Billboard : Menempatkan Billboard yang berisikan programtentang pentingnya hidup sehat dan Billboard tentang program 1untuk 10
2) Print Ad : Menempatkan iklan-iklan menarik pada media cetak seperti majalah dan tabloid remaja, dan adlibs di stasiun radio remaja.
3) TV Commercial : Memasang iklan tentang pentingnya bahaya mengisi galon kosong Aqua dengan air isi ulang karena dapat mengakibatkan kesehatan keluarga terganggu dengan air yang tidak bersih.
b. Below the line
1) Melakukan aktivitas promosi dengan menggelar beberapa evenyang berkaitan dengan keluarga seperti Aqua Family dan Danone Nations Cup
2) Melakukan In Store activation pada pusat-pusat perbelanjaan, hypermart dan supermarket
3) Melakukan kampanye tentang hidup sehat dimulai dari air yangkita minum. Karena jika air yang kita minum tidak sehat, makadapat menimbulkan beberapa penyakit di masa yang akan datang.
 
Melalui Strategi Promosi ini Aqua mencoba untuk mendekatkan dirikepada masyarakat Indonesia tentang pentingnya hidup sehat. Hidup sehat yang disini adalah dengan meminum air 8 gelas sehari. Air yang diminum disini adalah dengan meminum Aqua, karena hidup sehat dimulai dari air yang kita minum. Selain itu Aqua juga mengadakan event yang bermanfaat untuk memberikan edukasi kepada masyarakat.
Dalam iklannya, AQUA menekankan sumber mata air dan proses produksi. Sumber-sumber mata air  AQUA adalah―sumber mata air yang benar - benar mengalir, bukan air bawah tanah yang dipompa ke permukaan. Merk air kemasan lain yang diproduksi oleh AQUA Grup menggunakan air yang dipompa, namun tidak menggunakan nama AQUA.
 
Beberapa truk yang dilengkapi dengan tangki baja bermuatan10.000 liter mengangkut air ke pabrik pemrosesan. Disana, air dimurnikan.Tidak ada bahan kimia, mineral, atau penambah rasa yang ditambahkan. Setelah pemrosesan, AQUA dikemas dalam kontainer skala besar untuk penjualan secara eceran atau untuk ekspor.
 
Di Jakarta, AQUA mengirimkan air bersih untuk memenuhi kapal-kapal perang dengan menggunakan truk tangki baja yang dimiliki.Kontrol kualitas sangatlah penting pada AQUA perusahaan memiliki laboratorium modern untuk menguji produknya dan staf peneliti yang tinggal di dalam perusahaan, ahli mikrobiologi, dan ahli kimia. Bahkan untuk memenuhi standar air kemasan, AQUA telah diakui oleh PBB, Badan Pengawas Makanan dan Obat-obatan Amerika, Agen Perlindungan Lingkungan Amerika, dan Asosiasi Air Kemasan Internasional.
 
Pada tahun 1991, pegawai kesehatan di Jawa Timur melaporkan bahwa telah ditemukan mikroorganisme di beberapa merek air minum kemasan yang dijual di Surabaya yang telah memenuhi standar aman air. Salah satunya adalah AQUA. Bahkan, setumpuk  AQUA memancarkan bau busuk klorin. AQUA segera mengambil langkah untuk memastikan bahwa standar keamanan telah dipenuhi oleh seluruh pabriknya. Untuk menetralisir publisitas yang terlanjur buruk mengenai kontaminasi AQUA botol di Jawa Timur, perusahaan mengintensifkan kebijakan ―transparansi‖ yang berkaitan dengan kunjungan ke fasilitas-fasilitas produksi. Arus perhatian pejabat pemerintah dan perwakilan darikelompok-kelompok pemerhati yang hampir terus menerus mengunjungi fasilitas-fasilitas AQUA sepanjang tahun.
 
Kendali kualitas hilir sangat penting. Selain toko-toko yang menjual produknya secara eceran, AQUA  juga dijual oleh para pedagang kaki limayang menjual rokok, minuman ringan, makanan ringan, dan kadang bensinuntuk sepeda motor. Seringnya, tempat-tempat penjualan seperti itu tidak dapat menjaga produk AQUA dari sinar langsung matahari, debu, dan bau busuk yang menyengat yang dapat berdampak pada air minum kemasan diluar kontainer. Meski kontainer PET yang digunakan AQUA adalah kontainer non-kaca terbaik yang tersedia, namun tetap saja dapat ditembus air dalam kondisi/derajat tertentu. Penanganan dan penyimpanan yang tepatadalah harus untuk menghindari kerusakan produk. AQUA dan agen pemasarannya, PT Wirabuana Intrent, menyediakan pelatihan dan pengecekan lapangan untuk memastikan bahwa para pedagang asongan mencegah terjadinya kontaminasi.
 
Pertanyaan:
Berikan pendapat anda mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan Danone untuk produk Aqua? Apakah promosi ini dapat dilakukan di negara lain selain Indonesia? Cobalah untuk merancang strategi promosi global untuk produk Aqua DANONE.




  1. Pendapat kelompok kami mengenai strategi promosi yang dilakukan oleh perusahaan Danone untuk produk Aqua:
  2. Below The Line (Media Lini Bawah) adalah segala aktifitas marketing atau promosi yang dilakukan di tingkat retail/konsumen dengan salah satu tujuannya adalah merangkul konsumen supaya aware dengan produk kita
  3. Above The Line (ATL) adalah aktifitas marketing/promosi yang biasanya dilakukan oleh manajemen pusat dengan menggunakan media lini atas sebagai upaya membentuk brand image yang diinginkan
A. Perusahaan Danone Aqua sudah bagus karena melakukan aktivitas promosi dengan Below The line & Above The line.
B. Dan Perusahaan Danone Aqua sendiri juga sudah menunjukkan kepeduliannya terhadap masyarakat lain yang berkekurangan air bersih dengan mempromosikan membeli 1 liter Aqua maka akan membantu 10 liter air bersih, strategi itu bisa membuat para konsumen untuk sadar dan membantu orang lain untuk mendapatkan air bersih dengan cara kita membeli air Aqua. Karena air yang bersih juga akan menciptakan kesehatan untuk tubuh.
C. Dengan cara mengadakan event atau program Aqua Family menurut saya itu sudah cukup bagus, karena mereka ingin lebih mengenalkan dan meyakinkan produk air Aqua kepada keluarga yang mengkonsumsi air Aqua. Walaupun hanya meningkatkan Brand Loyalty Aqua mungkin tidaknya seorang pelanggan beralih ke merek produk yang lain, terutama jika pada merek Aqua didapati adanya perubahan, baik menyangkut harga ataupun atribut lain.
D. Dengan cara mengadakan event Danone Nations cup Indonesia di luar negeri (Perancis) ini menandakan bahwa perusaan Danone sedang merencanakan pemasaran global untuk mengenalkan merek Aqua ke luar negeri (Perancis). Agar konsumen dari luar negeri ingin mencoba dan membeli air Aqua dari Indonesia

  1. Menurut kelompok kami Promosi ini dapat dilakukan di negara lain selain Indonesia itu ya bisa. Karena setiap bisnis atau usaha ingin mencapai tujuan yang maksimal yaitu mendapatkan laba sebanyak mungkin. Otomatis setiap pembisnis/pengusaha akan mengadakan pemasaran dalam negeri, jika produk yang mereka jual sudah terkenal di dalam negeri. Maka pembisnis/pengusaha akan merencanakan pemasaran secara global ke luar negeri untuk memperbesar wilayah penjualan produk mereka dan akan lebih besar mendapatkan keuntungan.
  1. Kelompok kami akan merancang strategi promosi global untuk produk Danone Aqua dengan cara:
1.     Kenali Pelanggan
Hal terpenting yang harus Danone Aqua lakukan untuk untuk mempromosikan bisnis adalah mengenali pelanggan sedekat mungkin sehingga Danone Aqua tahu apa yang pelanggan Danone Aqua inginkan dari produk yang Danone Aqua tawarkan.
2.     Lakukan Promosi Produk
Hal selanjutnya yang bisa Danone Aqua lakukan dalam memasarkan produk adalah dengan melakukan promosi produk. Sediakan waktu yang cukup untuk mempromosikan produk Danone Aqua. Promosi produk ini sangat penting, terutama untuk mengenalkan produk baru yang Anda produksi dan menarik pelanggan untuk memebeli produk-produk Anda yang lain. 
3.     Ketahui Tujuan Anda
Dalam memasarkan dan mempromosikan produk Danone Aqua, Danone Aqua harus memiliki tujuan yang jelas. Promosi yang Danone Aqua lakukan seharusnya bukanlah hanya sebagai promosi saja, tetapi juga memiliki tujuan lain yang sama pentingnya seperti melakukan promosi brand awareness, berinterksi dengan konsumen, serta sebagai sarana komunikasi. Strategi bisnis brand awareness sangatlah penting dan akan memberikan dampak sangat baik bagi produk-produk yang Danone Aqua produksi. Dengan melalukan promosi brand awareness, pelanggan bisa mengetahui dan menyadari bahwa produk Danone Aqua ada dan merupakan salah satu produk terbaik yang bisa mereka pilih di antara produk-produk sejenis yang beredar.
4.     Manfaatkan Pemasaran Internet
Strategi pemasaran melalu internet atau internet marketing sangatlah penting dan dapat menunjang penjualan produk Danone Aqua. Berinteraksi dengan pelanggan lewat internet juga akan memudahkan Anda untuk mengetahui lebih jauh apa yang diinginkan pelanggan Anda dari produk yang Anda buat.
5.     Pilih Lokasi Strategis
Selain melakukan pemasaran dan promosi produk lewat internet, Danone Aqua juga harus memilih lokasi bisnis yang strategis Pastikan lokasi Danone Aqua memulai bisnis harus sesuai dengan tujuan saat membuka usaha Danone Aqua. Tempat ramai di mana banyak orang berlalu lalang merupakan salah satu pilihan favorit para pemilik bisnis untuk membuka bisnis mereka.
6.     Jalin Hubungan dengan Konsumen
Hal penting lain yang harus Danone Aqua perhatikan sebagai strategi pemasaran bisnis  Danone Aqua adalah menjalin hubungan yang baik dengan konsumen. Slogan “Konsumen adalah Raja” mungkin terdengar agak ekstrim bagi Anda, tetai ini merupakan pernyataan yang tepat. 
7.     Perluas Relasi
Memperluas relasi bisnis Danone Aqua tidak kalah pentingnya sebagai strategi pemasaran bisnis Danone Aqua. Semakin banyak relasi bisnis yang Anda miliki, semakin besar pula kesempatan Danone Aqua untuk memperluas bisnis Danone Aqua.
8.     Ukur Pencapaian
Memasang target dan mengukur pencapaian juga merupakan hal yang sangat penting dalam menyusun startegi pemasaran bisnis Danone Aqua. Dengan memasang target untuk bisnis Danone Aqua, Danone Aqua dapat melihat bisnis Danone Aqua berkembang dengan lebih nyata. Mengukur pencapaian bisnis Anda juga akan membantu dalam menentukan strategi pemasaran dan perluasan bisnis yang akan Anda lakukan berikutnya.
9 . Sponsor
Startegi pemasaran melalui beberapa event-event besar yang ada di indonesia atau di luar negri mengikuti partisipati agar dunia mengenal produk Danone Aqua sendiri dengan adanya mengikuti event-event konsumen mengetahui kualitas yang ada dalam aqua (air meneral) tersebut.
10. Brand Ambassador
Dengan menunjuk beberapa artis atau influencer ternama untuk menjadi brand ambassador produk Danone Aqua sehingga dapat menarik minat pasar untuk ikut menggunakan atau mengkonsumsi produk dari Danone Aqua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar